fbpx

Jangan Tunggu Sampai Kotor! Waktunya Bersihkan Toilet dengan Benar

Toilet memiliki citra sebagai ruangan yang kotor. Meski memang fungsinya untuk tempat pembuangan limbah ekskresi dan mandi, tetap saja kamar mandi harus selalu bersih. Dengan demikian, ruangan tersebut tidak menjadi sumber penyakit dan bau.

Yuk ikuti cara terbaik untuk membersihkan toilet berikut ini:

Sikat bagian kloset dengan sikat dan cairan pembersih

nbcnews.com

Kloset merupakan pusat dari toilet. Menemukan cairan pembersih untuk kloset bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di pasar swalayan ataupun toko kelontong. Baca cara penggunaan yang tertera pada kemasan dengan saksama.

Manfaatkan cuka dan soda kue

shutterstock.com

Campuran ini mampu menghilangkan kerak, karat, bau tidak sedap, serta menyingkirkan bakteri E.coli.

Pertama-tama, panaskan 200 ml cuka hingga suhu 40 derajat Celsius kemudian tuangkan 1 sendok makan soda kue. Setelah larut, tinggal tuangkan saja campuran ke area toilet yang kotor, termasuk di bagian dalam kloset. Diamkan selama beberapa jam hingga kotoran membandel hilang dengan sendirinya.

Membersihkan toilet dengan minuman bersoda

thekrazycouponlady.com

Siapkan satu kaleng Coca-Cola, kemudian tuangkan ke dalam lubang kloset dan tutup kloset tersebut. Diamkan selama satu malam kemudian siram dengan air bersih dan kloset akan mengkilap. Cara ini juga cocok untuk membersihkan lantai keramik toilet di bagian sudut.

Sikat lantai toilet

pinterest.com

Tanpa disadari, kotoran debu atau tanah yang dibawa oleh dirimu akan mengendap di sela-sela permukaan lantai. Kotoran tersebut tidak semuanya bisa hilang setelah disiram air.

Bila dibiarkan terlalu lama akan menjadi kerak membandel. Jadi biasakan rutin menyikat lantai toilet setidaknya seminggu sekali. Gunakan sabun colek dan sikat lantai. Dengan demikian, lantai akan terlihat bersih dan kamu tidak perlu bersusah payah menggosoknya.

Bersihkan kaca dan cermin di sekitar toilet

shutterstock.com

Kaca dan cermin merupakan elemen yang sering diletakkan di toilet dan berisiko terkena cipratan air setiap saat. Apabila cipratan air dibiarkan dalam waktu lama, permukaan kaca dan cermin toilet akan menjadi buram bahkan ditumbuhi jamur.

Biasakan untuk segera mengeringkan cipratan air yang menempel dengan kain lap microfiber. Apabila ada noda, bersihkan dengan semprotan khusus kaca dan cermin. Kemudian bersihkan menggunakan wiper atau kain lap hingga kering sempurna.

Submit Your Comment