fbpx

Ikuti Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah Sendiri, Tak Perlu Ribet!

Wallpaper dinding merupakan salah satu pilihan material finishing dinding favorit. Salah satu alasannya adalah variasi pola, warna, dan jenis yang sangat beragam. Selain itu, cara memasang wallpaper dinding juga relatif mudah dan praktis.

Agar lebih hemat, ikuti saja panduan lengkap mengenai rangkaian cara memasang wallpaper dinding berikut.

1. Hitung kebutuhan material dan persiapkan perkakas

shutterstock.com

Pilih pola wallpaper dan setidaknya, siapkan lem dan alat pertukangan seperti tangga, alas berbahan plastik, cutter, pensil, penggaris, alat ukur atau meteran, pemberat lengkap dengan benang, ember tukang untuk lem, spons, kuas untuk lem, dan roller.

Agar pelaksanaan cara memasang wallpaper dinding berlangsung lancar, pastikan kamu telah mengukur luas bidang dinding yang hendak dipasang wallpaper sehingga kamu bisa menentukan jumlah dan dimensi wallpaper yang tepat.

2. Bersihkan permukaan dinding

shutterstock.com

Jangan lupa bersih bersih dinding sebelum melakukan rangkaian cara memasang wallpaper dinding! Padahal, dinding yang bersih akan memastikan wallpaper menempel dengan kuat dan benar.

Selain memastikan dinding tidak rembes, tambal lubang atau kikis tonjolan sehingga dinding rata. Bersihkan semua debu dan kotoran, lalu tunggu dinding hingga kering sebelum melanjutkan cara memasang wallpaper dinding.

3. Atur posisi wallpaper dengan garis bantu

shutterstock.com

Agar mudah mengatur posisi wallpaper pada saat menjalankan cara memasang wallpaper dinding, buat garis bantu dari atas ke bawah agar wallpaper terpasang dengan rapi dan lurus. Manfaatkan benang dan pemberat yang digantung dari atas untuk menggambar garis bantu yang lurus dengan pensil.

4. Mulai menempel wallpaper

shutterstock.com

Waktunya melaksanakan cara memasang wallpaper dinding! Untuk lembaran pertama, potonglah wallpaper dengan panjang sesuai tinggi dinding. Bentangkan di lantai yang telah dilapisi alas dan mulai kuas lem pada sisi belakang wallpaper.

Diamkan lem beberapa saat sebelum melanjutkan cara memasang wallpaper dinding. Umumnya, wallpaper akan dipasang dari bawah ke atas agar sisa wallpaper akan berada di atas dan tidak terlalu terlihat.

Pastikan tidak ada gelembung udara ketika tengah menjalankan cara memasang wallpaper dinding. Tekan wallpaper ke dinding dengan penggaris agar benar-benar rapat dan ratakan wallpaper ketika sudah menempel dengan roller.

5. Paskan wallpaper saat ditempel

shutterstock.com

Pola wallpaper dinding khusus perlu memperhatikan ketelitian ketika menjalankan cara memasang wallpaper dinding. Sesuaikan lembaran kedua dengan pola lembaran pertama agar terlihat menyatu.

6. Finishing dan pengecekan akhir

shutterstock.com

Setelah semua wallpaper tertempel, langkah terakhir dalam cara memasang wallpaper dinding sendiri adalah membersihkan permukaan wallpaper dari sisa-sisa lem. Lap permukaan wallpaper dengan spons yang lembap.

Cek dinding untuk gelembung udara, dan gunakan roller sekali lagi untuk menghilangkan gelembung udara.

Submit Your Comment